Install Ubuntu 7.10 pada Flash Disk

Buat yang pengen belajar linux anytime and anywhere, ni da sedikit tutorial cara install linux di FlashDisk. Ni kayak live CD tapi pake FlashDisk, enaknya kita namakan Linux Live FlashDisk aja ya. Sementara Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) dulu, klo da sempet entar kita susun yang PCLinuxOS, Slax, dll. Kayaknya disalah satu talinuxbloid komputer (Komputek) dah diulas, tapi ku g punya arsipnya untung nemu di sini , Semoga bermanfaat.

Alat dan Bahan :

1. PC yang bisa booting lewat USB
2. CD-Blank
3. FlashDisk 1GB (direkomendasikan 2GB)
4. ISO Ubuntu 7.10, bisa didownload  Klik ini
5. U710fix.tar, bisa di download klik di sini 😀

Langkah-Langkah :

1. Download ISO Ubuntu 7.10 terus burn ke CD-Blank
2. Masukan Live CD Ubuntu 7.10
3. Colokan/tancapkan FlashDisk ke CPU
4. Reboot PC, booting lewat Live CD
5. Buka terminal (masuk mode Console), ketik sudo su
6. Ketik fdisk -l untuk melihat semua partisi yang tersedia. (Cari letak FlasDisk kita, biasanya sebagai /dev/sda atau /dev/sdx, dengan x merupakan huruf FlasDisk kita, misal sdb, sdc, sdd, dst…)
7. Ketik umount /dev/sdx1
8. Ketik fdisk /dev/sdx
* tekan tombol p untuk melihat partisi yang tersedia dan tombol d untuk menghapus partisi.
* tekan tombol p lagi untuk melihat partisi yang tersedia (kembali).
* tekan tombol n untuk membuat partisi yang baru.
* tekan tombol p untuk menjadikannya sebagai partisi primer.
* tekan tombol 1 untuk menjadikannya sebagai partisi pertama.
* tekan enter agar secara default menggunakan silinder pertama.
* ketik +750 untuk menentukan ukuran/besar partisi.
* tekan tombol a untuk menjadikanya sebagai partisi aktif.
* tekan tombol 1 untuk memilih partisi 1 (pertama).
* tekan tombol t untuk merubah tipe filesystem partisi.
* tekan tombol 6 untuk memilih tipe FAT16.
* tekan tombol n untuk membuat partisi yang lain.
* tekan tombol p untuk menjadikannya sebagai partisi primer.
* tekan tombol 2untuk menjadikannya sebagai partisi kedua.
* tekan tombol enter agar secara default menggunakan silinder berikutnya.
* tekan tombol enter lagi agar secara default menggunakan silinder terakhir.
* tekan tombol w untuk mulai menuliskan partisi baru kedalam flashdisk.
9. Ketik umount /dev/sdx1 untuk meyakinkan bahwa partisi pertama tidak sedang di-mount-ing.
10. Ketik mkfs.vfat -F 16 -n ubuntu710 /dev/sdx1 untuk mem-format partisi pertama.
11. Ketik umount /dev/sdx2 untuk meyakinkan bahwa partisi kedua tidak sedang di-mount-ing.
12. Ketik mkfs.ext2 -b 4096 -L casper-rw /dev/sdx2 untuk mem-format partisi kedua.
13. Lepaskan Flashdisk dan tancapkan/colokan kembal.
14. Kembali ke termina, ketik apt-get update
15. Ketikapt-get install syslinux mtools
16. Ketik syslinux -sf /dev/sdx1
17. Ketik cd /cdrom
18. Ketik cp -rf casper disctree dists install pics pool preseed .disk isolinux/* md5sum.txt README.diskdefines ubuntu.ico casper/vmlinuz casper/initrd.gz /media/ubuntu710/
* abaikan apabila muncul pesan kesalahan : “cannot create symbolic link”
19. Ketik cd /home/ubuntu
20. Ketik wget pendrivelinux.com/downloads/U710fix.zip (untuk download U710fix.zip jika dah donlot langsung ke langkah berikutnya)
21. Ketik unzip -o -d /media/ubuntu710/ U710fix.zip
22. Restart komputer, konfigurasikan BIOS komputer agar bisa boot melalui USB device, restart lagi

1. Type
2. Type wget pendrivelinux.com/downloads/U710fix.zip
3. Type
4. Restart your computer, set your BIOS or Boot menu to boot from the USB device and reboot again.

Catatan:
Jika muncul masalah booting Ubuntu lewat Flashdisk, ada kemungkinan flashdisk kita adacorrupt di MBR-nya. Untuk ngatasinya, buka terminal/console ketik sudo apt-get install lilo kemudian ketik lilo -M /dev/sdx (dengan x adalah huruf Flashdisk kita).

2 Tanggapan

  1. makasih Informasinya Tapi add link ini dong ke Email Aku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: