Konektor File-sistem Linux dan Windows

linux2Salah satu masalah bila kita menginstal linux dan windows dalam satu komputer (dual boot/sistem) yaitu timbulnya masalah mengenai sharing file antar kedua sistem tersebut. Disatu pihak windows tidak bisa membaca partisi linux jan juga sebaliknya.Oleh karena itu saya akan memaparkan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Supaya kita bisa sharing partisi file system kita di kedua os tersebut. Sebenarnya bermacam-macam cara dan bermacam-macam aplikasi yang bisa kita gunakan untuk keperluan ini. Berikut ini saya akan ulas 20 cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah ini:
1.    Linux NTFS – memberikan Linux kernel driver, a multiplatform NTFS library, dan tool untuk create, resize, clone, rescue, query, label dan memperbaiki NTFS volumes, dan jug bisa untuk undelete, resize, list, dan melihat daftar file untuk filesystem yang digunakan oleh Windows XP, 2003, 2000, NT4, dan Vista. Dan dia juga mendukung untuk Logical Disk Manager (LDM) yang bisa untuk mengendalikan Windows’ Dynamic Disks yang digunakan untuk software mirrors, stripes, dan RAID.
2.    SMB Web Client script PHP yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengakses jaringan Windows dari sebuah Web browser (menggunakan tool Samba).
3.    Xfsamba – sebuah SMB (Windows) network navigator dengan kemampuan untuk upload, download, rm, rmdir, mkdir, dan tar. Xfsamba tidak memerlukan proses mount remote Windows shares. Drag and drop adalah kelebihan untuk uploads/downloads file.
4.    Smb4k – SMB dan CIFS (Windows) share browser untuk KDE. Menggunakan teknologi Samba untuk mengakses SMB dan CIFS shares untuk local network neighborhood. Mudah digunakan dan banyak fasilitasnya.
5.    SMBNetFS – digunakan untuk Linux dan FreeBSD yang mana bisa untuk mengakses jaringan Samba/Microsoft layaknya iaringan neighborhood pada Microsoft Windows.
6.    Samba TNG – Server SMB yang lainya untukr Unix-like operating systems. Kerjanya berpusat pada MSRPC interoperatability dengan Windows NT, 2000, XP, dan 2003.
7.    Davenport – Sebuah aplikasi berbasis Java Servlet memberikan akses WebDAV ke seluruh jaringan SMBmemungkinkan koneksi untuk Windows dan Samba lewat WebDAV client seperti Mac OS X, Windows Web Folders, dan lainya atau Web browser.
8.    IntegraTUM WebDisk – Sebuah aplikasi Web yang memberikan akses langsung ke sebuah file server. Ditulis menggunakan Java Servlets dan jCIFS library. file server yang didukung adalah Samba, MS Windows, NetApp OnTAP, dan server-server yang protokol CIFS.
9.    Captive – Memberikan hak akses penuh ke NTFS disk drives dalam emulator WINE dengan memanfaatkan driver asli untuk Microsoft Windows ntfs.sys driver..
10.    Sharity – Sharing file yang mendukung untuk Windows, Samba, dan server SMB/CIFS yang lainya. Implementasinya hampir sama dengan jaringan Windows Network Neighborhood (Netbios Workgroups dan Active Directory), NTLM, NTLMv2, dan Kerberos authentication, Microsoft’s Distributed File System (DFS), dan manipulasi Access Control Lists (ACLs).
11.    chntpw – Utility linux untuk password setiap user yang memiliki passoword yang valid untuk (local) account pada your WinNT atau sistem Win2000, dengan cara memodifikasi password yang terenkripsi dalam file registry SAM.
12.    rfstool – Digunakan untuk mengakses partisi ReiserFS dari sistem Windows 95/98/ME/NT/2000/XP..
13.    Scrounge NTFS – Program recovery data untuk NTFS filesystems. Membaca tiap blok per blok hard disk dan membangun ulang susunan filesystem pada partisi yang lainya.
14.    Paragon NTFS for Linux – Paragon NTFS for Linux driver membuat linux bisa membaca dan menulis NTFS.
15.    fatresize – command line tool untuk merubah ukuran partisi FAT16/FAT32 secara aman.
16.    FUR filesystem – sebuah basis filesystem untuk mount sebuah peralatan berbasis sintem Windows CE (terhubung dengan librapi2 untuk synce project)
17.    WinShares – Linux program yang menscan jaringan dan mengemount semua Window dan Samba yang tershare, menjadikannya bisa di akses.
18.    Explore2fs – Program Windows yang bisa digunakan untuk membaca partisi linux ext2 dan ext3 dalam OS NT4, Win95, Win98, WinME, Win2000, dan WinXP. Ini adalah konektor dari windows ke linux.
19.    EXT2IFS – Digunakan oleh Windows NT4, Windows 2000, dan Windows XP. Untuk membaca filesistem EXT2 dan EXT3. sangat mudah digunakan sebagai konektor antara windows dan linux
20.    NTFS-3G – Driver untuk membaca filesistem NTFS. NTFS-3G Tersedia untuk 60 Linux distributions lebih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: