Membatasi hak akses drive pada My Computer

Apakah PC Anda sering digunakan anak atau isteri Anda? Atau bahkan sering Anda pinjamkan kepada orang lain? Mungkin saja Anda punya data penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain atau tidak boleh diakses oleh anak seusia anak Anda. Bagaimana jika Anda sering membawa pulang pekerjaan kantor berupa data/file penting yang orang lain tidak boleh mengetahuinya?
Banyak alternatife untuk membatasi/mencegah hak akses agar data tidak bisa diakses orang lain. Selain dengan menggunakan software tertentu (misalnya, Folder Security) bisa juga dengan mengotak-atik fasilitas Group Policy Editor (gpedit.msc). Dengan hanya beberapa langkah saja, Anda akan terbebas dari perasaan kuatir akan keamanan data Anda.
Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Klik Start > Run > ketik gpedit.msc kemudian ENTER atau OK tunggu beberapa saat hingga muncul editor seperti gambar di bawah ini.
gpedit11. Kemudian Klik User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer seperti nampak pada gambar di bawah ini.
gpedit22. Kemudian pada sisi sebelah kanan Klik double pada Prevent access to the drive from My Computer seperti gambar diatas maka muncul kotak seperti di bawah ini yang masi standar belum diedit sama sekali :

gpedit3gpedit4Klik/pilih  Enabled kemudian pilih salah satu option dibawah menu Pick one of the following combinations. Option yang ditawarkan adalah sebagai berikut.
1. Restrict A and B drives only  ==>  membatasi drive A dan B saja
2. Restrict C drive only     ==>  membatasi drive C saja
3. Restrict D drive only     ==>  membatasi drive D saja
4. Restric A,B,C drives only     ==>  membatasi drive A,B,C saja
5. Restrict A,B,C.D drives only     ==>  membatasi drive A,B,C,D saja
6. Restrict all drives         ==>  membatasi semua drive
7. Do Not restrict all drives     ==>  Tidak Membatasi semua drive

Pilih salah satu option yang Anda inginkan pada menu dropdown tersebut. Setelah itu klik OK kemudian tutup Group Policy Editor. Sekarang coba Anda Klik drive yang telah Anda batasi hak aksesnya tersebut.

Sayangnya kita hanya bisa memilih drive hingga letter D saja. Sehingga apabila Anda ingin membatasi hak akses untuk drive E dan seterusnya maka Anda terpaksa harus memilih Restrict all drives. Atau bisa juga pindahkan data penting Anda ke drive C atau D. No Problem, kan!!

Sebagai contoh, penulis memilih option Restrict D drive only dan jika mengKLIK drive D tersebut maka muncul komentar seperti di bawah ini. (Drive D tidak bisa diakses kan) Coba dengan drive yang lain.

(sumber : Ilmukomputer.com)

gpedit5

Selamat Mencoba semoga artikel ini bisa bermanffat😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: